Brownies perdanaku ^^

Tanggal 14 februari, siapa yang gak tau dengan tanggal ini, mungkin seluruh orang di dunia merayakan tanggal ini yang dikenal dengan sebutan "VALENTINE DAY". Asal mula hari valentine sendiri masih simpang siur, karena banyaknya versi tentang asal mula hari valentine ini. Hari valentine sendiri selalu identik dengan coklat. Tapi di zaman sekarang ini, ketika hari valentine tidak hanya coklat yang laris, tapi juga alat kontrasepsi. Tahun 2012 dan 2013 sampai booming bahwa salah satu coklat terkenal di negeri kita tercinta ini, memberikan alat kontrasepsi gratis di dalam kemasannya.
Bagi seorang muslim sendiri, Valentine itu haram untuk dirayakan, karena valentine bukanlah budaya muslim. Untuk dalilnya, mungkin teman-teman mau menambahkan dalilnya di kolom komentar saya, itung-itung kita sama-sama belajar. Masih dalam bahasan valentine, pertanyaan buat teman-teman semua (haissss,,macem banyak aja yang ngunjungi blog aku), bagaimana hukum valentine bagi sepasang suami istri ???
Kalo aku sendiri pribadi sih, gak ikut merayakan ya, tapi mungkin kebetulan dihari valentine aku buat brownies, yaaa bisa dibilang ini brownies perdanaku teman-teman, dan rasanya juga lumayan lah, gak kalah sama yang ada di bakery-bakery.
okay, kita siapin dulu bahan-bahan yang dipake buat browniesnya yah! Di sini aku buat brownies kukus, soalnya aku masih agak trauma ngidupin oven, apinya pernah nyambe. Tapi resep browniesku yang sederhana ini bisa dikukus atau dipanggang, terserah temen-temen aja, seleranya yang mana.
Pertama-tama, siapkan panci untuk mengukus atau hidupkan oven jika mau dipanggang,,biarkan panas. Kedua, siapkan loyang atau cetakan, jangan lupa lumurin mentega lalu tambah sedikit tepung agar adonan yang telah masak nanti tidak lengket di cetakan. Dan ketiga pastinya mixer.

Bahan yang dibutuhkan :
  1. Mentega 200gr
  2. Coklat compound (biasa dikenal coklat blok) 200gr
  3. Tepung terigu protein sedang (aku pake segitiga biru) 100gr
  4. Gula putih 100gr
  5. Telur 3butir
  6. Garam 1/2 sdt
  7. Baking powder 1sdt
 Cara membuat :
  1. Lelehkan mentega dengan coklat terlebih dahulu
  2. Mixer telur, gula, dan garam sampai mengembang, sekitar 20-30 menit dengan kecepatan tinggi
  3. Setelah telur mengembang, masukkan tepung dan baking powder, mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur semuanya
  4. Masukkan lelehan mentega dan coklat yang telah dingin dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah agar semua bahan menyatu
  5. Setelah semua menyatu, masukkan adonan ke dalam loyang atau cetakan.
  6. Kukus/panggang
Tips :
  1. Jika brownies dikukus, pastikan penutup panci dilapisi kain, agar uap tidak jatuh membasahi brownies.
  2. Lelehan mentega dan coklat tidak boleh panas, terlebih dahulu di dinginkan hingga mencapai suhu ruangan. Karena mentega dan coklat yang panas membuat adonan brownies gagal.
cetakan yang kupake, cetakan bulat diameter= 30cm, L= 10cm

 coklat yang aku pake dark coklat, coklat rasa jeruk buat lelehan di atas browniesku

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
20 February 2014 at 06:23 ×

itu dah dibagi gambarnya.....

Reply
avatar
Thanks for your comment